hello

hello

Selasa, 04 Desember 2012

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 3 (bag. 2)


REVIEW 8
ANALISIS MEMBERS PROMOTION PADA KOPERASI DI KABUPATEN WONOGIRI
Oleh:
Wahyu Agung Setyo
(Jurnal Ilmu Ekonomi & Pembangunan (JIEP) Vol. 7, No. 1, 2007 : hal 70-80)

Analisis data dan Pembahasan

  • Deskripsi Penilaian Anggota
1. Penilaian anggota terhadapat MEL
Merupakan selisih harga pelayanan antara koperasi dengan harga pelayanan non koperasi. Jika harga pelayanan (harga jual dan tingkat bunga) koperasi lebih rendah dibanding non koperasi, berarti anggota memperoleh manfaat ekonomi secara langsung dalam berkoperasi.

2. Penilaian anggota terhadapat kualitas pelayanan
Tingkat kualitas pelayanan KUD sangat mempengaruhi partisipasi anggota. Semakin baik pelayanan yang diberikan semakin tinggi partisipasi anggota. Kualitas pelayanan mencakup antara lain: mutu barang yang dijual KUD, kontinuitas produk, syarat peminjaman dll.

3. Penilaian anggota terhadapat SHU
Sisa hasil usaha merupakan manfaat ekonomi tidak langsung yang diperoleh anggota. SHU merupakan sisa dari pendapatan koperasi setelah dikurangi biaya-biaya yang dibagi berdasarkan jasa usaha anggota.

4. Penilaian anggota terhadapat pengelolaan KUD
Yaitu anggota sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi pasti mengharapkan koperasi/KUD dapat dikelola dengan baik, transparan, dan member manfaat kepada anggota.

5. Penilaian anggota terhadapat kondisi persaingan
Koperasin sebagai salah satu pelaku ekonomi, dalam menjalankan kegiatan usahanya tidak terlepas dari kondisi persaingan. Persaingan yang semakin kompetitif menuntut koperasi yang punya daya saing sehingga anggota akan tetap melakukan transaksi dengan koperasi.

  • Analisis Data Kuantitatif
Guna membuktikan hipotesis penelitian, digunakan alat analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh MEL, pelayanan, SHU, persepsi anggota dan kondisi persaingan terhadap partisipasi anggota KUD.

Berdasarkan penghitungan yang dilakukan degan program SPSS diperoleh basis sebagai berikut:

Table 5.6. Hasil Analisis Regresi terhadap variable-variabel yang Diduga Mempengaruhi Partisipasi Anggota KUD



Berdasarkan hasil pengolahan data  yang telah dilakukan dapat dimasukan dalam persamaan regresi linear berganda semi Log sbb:

LogY=1,99+0,129X1-0,000459X2+0,0217X3-0,00311X4+0,0212X5
Selanjutnya dilakukan pengujian dan interpretasi ekonomi dari hasil pengolahan data sbb:

1. Uji Signifikasi Secara Individual (t)

Tabel 5.7. Hasil Uji t


Berdasarkan kesimpulan dari uji t tersebut, maka secara individual, variabel yang berpengaruh signifikasi terhadap partisipasi anggota adalah manfaat ekonomi langsung (MEL) dan sisa hasil usaha (SHU) pada tingkat signifikasi 5%.

2. Uji Signifikasi Secara Bersama-sama (F)

Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai F hitung sebesar 82,288, sedangkan F tabel sebesar 3,77. Karena F hitung > F tabel maka Ho ditolak. Berarti bahwa secara bersama-sama variabel Mel, Pelayanan, SHU, persepsi dan kondisi persaingan berpengaruh signifikasi terhadap tingkat partisipasi anggota dalam koperasi.

3. Uji Koefisien Determinasi (R2

Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai R2 sebesar 0,912. Berarti bahwa 91,2% variasi partisipasi anggota dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variasi dari variabel MEL, Pelayanan, SHU, persepsi dan persaingan, sedangkan 8,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.

4. Interpretasi Ekonomi

Berdasarkan hasil pengolahan data dengan analisis regresi diperoleh basil bahwa variabel manfaat ekonomi langsung (MEL) dan sisa hasil usaha (SHU) berpengaruh signifikan terhadap patisipasi anggota.

Nilai koefisien regresi MEL dan SHU yang positif menunjukkan bahwa semakin koperasi memberi manfaat ekonomi langsung harga jual yang lebih murah, bunga pinjaman yang lebih rendah dan SHU yang semakin tinggi, maka partisipasi anggota dalam memanfaatkan pelayanan koperasi juga akan semakin meningkat. Selanjutnya partisipasi anggota yang tinggi sangat menentukan keberhasilan koperasi dalam mencapai koperasi yang sehat dan efisien (profit oriented) maupun usaha meningkatkan kesejahteraan anggota.

Dilain pihak, pelayanan, persepsi anggota dan kondisi persaingan ternyata tidak berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi anggota. Hal ini menunjukan bahwa anggota lebih mengutamakan manfaat ekonomi yang diperoleh dalam membeli atau meminjam (partisipasi) ke koperasi, sedangkan faktor-faktor tidak berpengaruh.

Kesimpulan

  1. Manfaat ekonomi langsung (MEL) dan sisa hasil usah (SHU) berpengaruh positif dan signitifkan terhadap pastisipasi anggota. Semakin KUD meberi manfaat ekonomi langsung (harga jual yang lebih murah, bunga pinjaman yang lebih rendah) dan SHU yang semakin tinggi, maka partisipasi anggota dalam memanfaatkan pelayanan koperasi juga meningkat.
  2. Jika koperasi (KUD) dapat meningkatkan kesejahteraan anggota (members promotion) dalam bentuk manfaat ekonomi langsung dan tidak langsung dalam berkoperasi, maka partisipasi anggota semakin meningkat. Partisipasi anggota yang tinggi pada akhirnya menentukan keberhasilan koperasi.


Saran

  1. Koperasi (KUD) harus menciptakan harga jual dan tingkat bunga yang menjamin tercapainya dua tujuan sekaligus yakni, koperasi memperoleh keuntungan dan anggota memperoleh manfaat ekonomi langsung dalam bentuk harga atau bunga yang lebih murah disbanding non koperasi.
  2. Tujuan profit oriented dan members promotion oriented tersebut harus didukung olehn kemampuan koperasi (KUD) dalam manajemen, kewirausahaan (enterneuship) dan daya saing di tengah pasar yang semakin kompetitif.


Daftar Pustaka

Hanel, A, 1992, Basic Aspect of Cooperative and Policies for Their Promotion in developing countries. Marburg. West Germany.
Ign. Sukamdyo. 1996. Manajemen Koperasi. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Ramudi Arifin, 1994, Ekonomi Koperasi. Institute Manajemen Koperasi Indonesia, Bandung.
Ropke Jochen, 1989. The Economic Theory Of Coopertives. Marburg, West Germany.
Ropke Jochen, 1995. Kewirausahaan Koperasi, UPT Penerbitan IKOPIN, Bandung.
Sugiyono, 2001. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
Undang-Undang Perkoperasian No. 25/1992. IKOPIN, Bandung.



Nama              : Afriyanti Rimayu 
NMP/Kelas      : 20211289/2EB09
Tahun             : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar