hello

hello

Selasa, 04 Desember 2012

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 3 (bag. 1)


REVIEW 7
ANALISIS MEMBERS PROMOTION PADA KOPERASI DI KABUPATEN WONOGIRI
Oleh:
Wahyu Agung Setyo
(Jurnal Ilmu Ekonomi & Pembangunan (JIEP) Vol. 7, No. 1, 2007 : hal 70-80)

Abstrak  

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekonomi bagi para anggota kerjasama, seperti layanan kerjasama dan persepsi anggota. baik mencapai dari hipotesis penelitian, menulis t6he telah menggunakan analisis deskriptif dan regresi dengan metode skoring. hasilnya menunjukkan manfaat langsung dan keuntungan didistribusikan kepada anggota kerjasama. kerjasama telah memberikan manfaat langsung dan didistribusikan keuntungan kepada anggota kerjasama. kerjasama telah memberikan manfaat langsung (harga yang lebih rendah, suku bunga rendah) dan jika laba didistribusikan telah meningkat, anggota akan berpartisipasi lebih tinggi dari sebelumnya. menurut hasil ini, kerjasama harus membuat harga jual yang lebih baik dan suku bunga untuk mencapai tujuan kerja sama, seperti peningkatan manfaat langsung dan jasa.

Pendahuluan

Koperasi adalah badan usaha yang melaksanakan kegiatannya di butuhkan sikap yang efisien,yang di maksud tersebut adalah koperasi harus memperhitungkan profit dalam menjalankan usahanya.walaupun tujuan utama koperasi adalah melayani dan meningkatkan kesejahteraan anggota dalam koperasi keuntungan tetap penting karena untuk mencapai tingkat efisiensi usaha.

Mensejahterahkan anggota dapat di tingkatkan dengan cara koperasi memberikan kepada anggota harga pelayanan yang lebih murah di banding dengan harga non koperasi. Hal ini disebabkan, anggota akan membeli atau menjual pada koperasi apabila keuntungan membeli atau menjual pada koperasi yang lebih besar daripada membeli atau menjual pada pesaing koperasi.

Tugas pokok koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota, yang dicerminkan dari peningkatan pendapatan mereka dan dabeli mereka oleh karena koperasi telah berfungsi menunjang kegiatan ekonomi mereka.

Perumusan Masalah

Maslah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimana pengaruh manfaat ekonomi langsung, pelayanan, SHU, persepsi anggota dan kondisi persaingan terhadap partisipasi anggota dan kondisi persaingan terhadap partisipasi anggota dalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi?”

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota didalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi. Manfaat ekonomi langsung, pelayanan, persepsi anggota, SHU dan kondisi persaingan.

Metode Penelitian

Ruang Lingkup

Penelitian ini difokuskan pada analisis tentang factor-faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota dalam kedudukannya sebagai pengguna jasa koperasi, yang berorientasi, pada members promotion. Penelitian dengan metode survey ini dilakukan anggota-anggota koperasi (KUD di Kabupaten Wonogiri).

Teknik Pengambilan Sampel

Penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling dimana individu dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Sampel penelitian diambil 40 orang anggota dari 2 koperasi / KUD yang ada di kabupaten Wonogiri.

Definisi Operasional Sampel

  1. Partisipasi anggota diukur dari aktivitas anggota dalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dalam kedudukannya sebagai pengguna jasa koperasi.
  2. Manfaat ekonomi langsung (MEL) diukur dari selisih harga / tingkat bunga antara koperasi dengan non koperasi.
  3. Pelayanan diukur apakah hal-hal yang menjadi harapan / tuntutan anggota sudah sesuai dengan kegiatan pelayanan koperasi yang mengacu pada kepuasan anggota sebagai konsumen.
  4. SHU diukur dari jasa usaha yang diterima oleh anggota.
  5. Persepsi anggota diukur dari sikap / image anggota terhadap koperasi kinerja pengurus transparansi keuangan dsb.
  6.  Kondisi persaingan diukur dari kemudahan anggota memperoleh

Log Y = a + b1,  X1, + b2 X2 + b3, X3, b4 X4+ b5 X5
Keterangan :
Y          = partisipasi anggota
X1,        = manfaat ekonomi langsung (MEL)
X2         = pelayanan
X3            = SHU
X4            = persepsi anggota
X5            = kondisi persaingan
a            = intersep
b1- b5      = koefisien regresi

Teknik Analisis Data

Teknik yang digunakan dalam menganalisa data mencakup:
  1. Analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran terhadap karakteristik responden dalam memberikan sikap dan penilaian terhadap koperasi (KUD).
  2. Analisis regresi linear berganda yang bertujuan melakukan uji hipotesis terhadap variable-variabel penelitian yang dikemukakan. Penukuran variable penelitian berdasarkan teknikskoring.

Nama              : Afriyanti Rimayu 
NMP/Kelas      : 20211289/2EB09
Tahun             : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar