REVIEW 7
ANALISIS
MEMBERS PROMOTION PADA KOPERASI DI KABUPATEN WONOGIRI
Oleh:
Wahyu
Agung Setyo
(Jurnal
Ilmu Ekonomi & Pembangunan (JIEP) Vol. 7, No. 1, 2007 : hal 70-80)
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekonomi bagi para anggota kerjasama,
seperti layanan kerjasama dan persepsi anggota. baik mencapai dari hipotesis
penelitian, menulis t6he telah menggunakan analisis deskriptif dan regresi
dengan metode skoring. hasilnya menunjukkan manfaat langsung dan keuntungan
didistribusikan kepada anggota kerjasama. kerjasama telah memberikan manfaat
langsung dan didistribusikan keuntungan kepada anggota kerjasama. kerjasama
telah memberikan manfaat langsung (harga yang lebih rendah, suku bunga rendah)
dan jika laba didistribusikan telah meningkat, anggota akan berpartisipasi
lebih tinggi dari sebelumnya. menurut hasil ini, kerjasama harus membuat harga
jual yang lebih baik dan suku bunga untuk mencapai tujuan kerja sama, seperti
peningkatan manfaat langsung dan jasa.
Pendahuluan
Koperasi
adalah badan usaha yang melaksanakan kegiatannya di butuhkan sikap yang
efisien,yang di maksud tersebut adalah koperasi harus memperhitungkan profit
dalam menjalankan usahanya.walaupun tujuan utama koperasi adalah melayani dan
meningkatkan kesejahteraan anggota dalam koperasi keuntungan tetap penting
karena untuk mencapai tingkat efisiensi usaha.
Mensejahterahkan
anggota dapat di tingkatkan dengan cara koperasi memberikan kepada anggota
harga pelayanan yang lebih murah di banding dengan harga non koperasi. Hal ini
disebabkan, anggota akan membeli atau menjual pada koperasi apabila keuntungan
membeli atau menjual pada koperasi yang lebih besar daripada membeli atau
menjual pada pesaing koperasi.
Tugas
pokok koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota, yang dicerminkan dari
peningkatan pendapatan mereka dan dabeli mereka oleh karena koperasi telah
berfungsi menunjang kegiatan ekonomi mereka.
Perumusan
Masalah
Maslah
dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimana pengaruh
manfaat ekonomi langsung, pelayanan, SHU, persepsi anggota dan kondisi
persaingan terhadap partisipasi anggota dan kondisi persaingan terhadap
partisipasi anggota dalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi?”
Tujuan
penelitian
Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi partisipasi
anggota didalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi. Manfaat ekonomi
langsung, pelayanan, persepsi anggota, SHU dan kondisi persaingan.
Metode Penelitian
Ruang Lingkup
Penelitian ini
difokuskan pada analisis tentang factor-faktor yang mempengaruhi partisipasi
anggota dalam kedudukannya sebagai pengguna jasa koperasi, yang berorientasi,
pada members promotion. Penelitian
dengan metode survey ini dilakukan anggota-anggota koperasi (KUD di Kabupaten Wonogiri).
Teknik Pengambilan Sampel
Penelitian ini
menggunakan teknik sampel random sampling
dimana individu dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih
menjadi sampel. Sampel penelitian diambil 40 orang anggota dari 2 koperasi /
KUD yang ada di kabupaten Wonogiri.
Definisi Operasional Sampel
- Partisipasi anggota diukur dari aktivitas anggota dalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dalam kedudukannya sebagai pengguna jasa koperasi.
- Manfaat ekonomi langsung (MEL) diukur dari selisih harga / tingkat bunga antara koperasi dengan non koperasi.
- Pelayanan diukur apakah hal-hal yang menjadi harapan / tuntutan anggota sudah sesuai dengan kegiatan pelayanan koperasi yang mengacu pada kepuasan anggota sebagai konsumen.
- SHU diukur dari jasa usaha yang diterima oleh anggota.
- Persepsi anggota diukur dari sikap / image anggota terhadap koperasi kinerja pengurus transparansi keuangan dsb.
- Kondisi persaingan diukur dari kemudahan anggota memperoleh
Log Y = a + b1, X1, + b2 X2 +
b3, X3, b4 X4+ b5 X5
Keterangan :
Y =
partisipasi anggota
X1, =
manfaat ekonomi langsung (MEL)
X2 =
pelayanan
X3 =
SHU
X4 =
persepsi anggota
X5 =
kondisi persaingan
a =
intersep
b1- b5 =
koefisien regresi
Teknik Analisis Data
Teknik yang
digunakan dalam menganalisa data mencakup:
- Analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran terhadap karakteristik responden dalam memberikan sikap dan penilaian terhadap koperasi (KUD).
- Analisis regresi linear berganda yang bertujuan melakukan uji hipotesis terhadap variable-variabel penelitian yang dikemukakan. Penukuran variable penelitian berdasarkan teknikskoring.
Nama :
Afriyanti Rimayu
NMP/Kelas : 20211289/2EB09
Tahun : 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar