hello

hello

Selasa, 04 Desember 2012

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 2 (bag. 2)


REVIEW 6
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KREDIT USAHA KECIL (KUK) DI KOPERASI SIMPAN PINJAM LIMA JAYA GROUP SURABAYA
Oleh:
Budi Prabowo
(Ilmu Adm. Bisnis FISIP-UONV Jatim)

Metode penelitian

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pengambilan kredit usaha kecil (KUK) di koperasi simpan pinjam lima jaya group Surabaya.

Penelitian ini menggunakan data primer dengan variiabel-variabel yaitu pelayanan, fasilitas, dan prosedur yang bertujuan untuk menganalisis baik bersifat silmultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Dengan jumlah populasi 49 nasabah dari seluruh  juralab populasi sampel ditarik menggunakan teknik penarikan sampling jenuh. Dengan menggunakan analisis data regrei linier berganda.

Hasil dan Pembahasan

Analisis Statistik Regresi Linear Berganda

Tenik analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, hasil perhitungan dengan bantuan program komputer SPSS dan diperoleh hasil sbb:

Table 1
Hasil Analisis Regresi Linear Berganda
                        Model                                      Unstandardized Coefficients
                                                                                    B                      Std. Error
Konstanta                                                                    6,459               2,377
Pelayanan (X1)                                                             0,527               0,161
Fasilita (x2)                                                                 0,851               0,282
Prosedur (x3)                                                              1,901               0,313
R                    0,332               F Hitung                       12,859
R Square          0,110               Sig.                              0,000

Sumber: data diolah
Berdasarkan hasil perhitungan diatas, diperoleh persamaan regresi linear berganda sbb:

Y = 6,459 + 0,527 X, + 0,851 X2 + 1,901 x3 + ej
Interprestasi dari model regresi diatas adalah sbb :
  • Kostanta (po)sebesar 6,459 menunjukan bahwa apabila variabel bebas = 0 maka variabel terikat sebesar 6,459
  • Nilai koefisien pelayanan (R1) sebesar 0,527 menunjukan bahwa jika nilai pelayanan meningkat satu satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar  0,527 dengan asumsi variable bebas lain konstan
  • Nilai koefisien fasilitas (32) sebesar 0,851 menunjukan bahwa jika konsumen sebesar 0,851 dengan asumsi variable bebas lain konstan
  • Nilai koefisien prosedur (03) sebesar 0,901 menunjukan bahwa jika nilai variable prosedur meningkat satu satuan maka akan menaikan nilai kepuasan konsumen sebesar 0,901 dengan asumsi variable bebas lain konstan
  •  Ej menunjukan factor pengganggu diluar model yang diteliti

Nilai koefisien determinasi atau R2 digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan, variasi variable terikat. Hasil dari perhitungan SPSS diperoleh nilai R2 = 0,1 10 yang berarti 11,0% besarnya nilai kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variable. Pelayanan, fasilitas, dan prosedur kredit. Sedangkan sisanya  89% dipengaruhi oleh variable lain diluar model yang diteliti.

Nilai koefisien korelasi berganda (R) menunjukan seberapa erat hubungan antara variable bebas (pelayanan, fasilitas, prosedur) dengan variable terikat (kepuasan konsumen) yaitu 0,332 nilai tersebut menunjukan hubungan variable pelayanan, fasilitas, dan prosedur dengan variable kepuasan konsumen adalah relative lemah.

Pengujian Hipotesis

a. Pembuktian hipotesis pengaruh variable bebas secara simultan
Untuk menguji hipotesis dilakukan uji F yang menunjukan pengaruh secara simultan atau bersama-sama. Hasil uji F sesuai perhitungan dapat dilihat pada table berikut ini:

Table 1
Hasil Perhitungan Uji F
Model Anova             Sum of                         df                     Mean Square              F
Squares
Regression                  50,217                         3                      2,419                           12,859
Residual                      58,578                         45                    1,302  
Total                           108,795                       48
Sumber: Data diolah

Berdasarkan table 1 diatas diperoleh nilai F hit = 12,859 > Ft 2,419 maka Ho ditolak pada tingkat signitifikansi 5% dengan df pembilang 3 dan df penyebut 45 yang berarti signitifikan, sehingga secara simultan variable pelayanan, fasilitas dan prosedur secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya kepuasan konsumen.

b. Pembuktian hipotesis pengaruh variable bebas secara parsial (t)
Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t yang menunjukan pengaruh dari masing-masing variable.
Sebagian besar masyarakat kecil memiliki keterbatasan akses terhadap modal maupun informasi. Sehingga dengan meberikan prosedur yang sederhana dan tidak membingungkan bagi seorang nasabah akan menjadi keunggulan kompetitif bagi sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan (kredit). Hal ini sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Zaki baridwan (2000:3).
Penelitian ini juga menunjukan fenomen yang selaras dengan uraian diatas, bahwa variable prosedur mempengaruhi kepuasan secara signifikan. Lebih dari itu, variable ini juga merupakan variable yang meberikan kontribusi terbatas terhadap kepuasan konsumen dibangdingkan dua variable lainnya.

Kesimpulan

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan, fasilitas, dan prosedur secara simultas berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan aecara parsial bahwa pelayanan berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Fasilitas berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen. Prosedur berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen.

Saran

Pihak manajemen hendaknya meningkatkan fasilitas di koperasi khususnya sarana penunjang yang ada dalam koperasi, karena fasilitas yang baik akan meningkatkan minat para konsumen untuk dating ke koperasi dan melaksanakan transaksi secara langsung.

Daftar Pustaka

Alma, Buchari, 2002, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Anoraga, Panji, 2007, Dinamika Koperasi, Bina Adiraksa, Jakarta.
Anwari, Ahmad, 1998, Manajemen Perkreditan, Edisi pertama Penerbit BPFE Yogyakarta.
Baswir, Revisor, 2007, Koperasi Indonesia, edisis kedua BPFE Yogyakarta.
Effendy, 2001, Perilaku Konsumen, penerbit BPFE, Yogyakarta.
Katz, 2001, Penyusunan Strategi Manajemen Pemasaran, Universitas Indonesia Jakarta.


Nama              : Afriyanti Rimayu 
NMP/Kelas      : 20211289/2EB09
Tahun             : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar